Kemeriahan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMPN 2 Turen

Sudah menjadi tradisi di SMPN 2 Turen mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya. Peringatan Maulid Nabi kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Maulid Nabi diperingati bersamaan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun Sekolah dan Hari Sumpah Pemuda. Acara diawali dengan lomba membaca Alqur’an, lomba adzan iqomah, lomba sholat berjamaah, dan membaca diba’. Seluruh siswa terlihat serius dan penuh semangat berlatih membaca alqur’an, diba’, sholat berjamaah, dan adzan untuk tampil di depan para juri.

Puncak peringatan Maulid Nabi dilaksanakan pada hari Jum’at, 15 November 2019 di Masjid Nurul Hasanah Desa Kedok. Kegiatan ini diisi dengan lantunan sholawat untuk Nabi dan dilanjutkan kajian islami dari KH. Nur Salim. Dalam ceramahnya, beliau mengajak seluruh siswa dan guru untuk senantiasa melantunkan sholawat pagi, siang, sore, dan malam hari 10x agar mendapatkan syafaat dan berada di dalam surga bersama Nabi.

“Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan langkah-langkah kecil menuju jiwa agamis dan membudayakan siswa agar mengingat Tuhan secara fisik dan mental” ucap Kepala SMPN 2 Turen.

“Saya sangat kagum terhadap karakter, sifat, dan perilaku Nabi Muhammad SAW. Setelah mendapatkan juara, saya sangat bersyukur karena selain penghargaan saya juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.” ucap Tu Bagus kelas 9F. Alam Ulumudin kelas 7B juga mengatakan dia sangat senang dan bahagia mendapat juara lomba Baca Alqur’an. Ia ingin kedepannya bisa mengajari teman-teman yang lain agar lancar membaca Alquran. 

Lomba Adzan dan Iqomah

Juara Lomba

Lomba Membaca Sholawat Nabi

Acara Puncak Maulid Nabi

Lomba Membaca Alqur’an