Peringati Hari Pahlawan, Generasi Milenial Harus Mampu Mengangkat Derajat Negeri Setinggi Awan

Dalam suasana yang ceria dan menyenangkan di SMPN 2 Turen, para guru dan siswa begitu antusias dan bersemangat merayakan Hari Pahlawan 10 November dan  Bulan Bahasa. Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengusung tema Bersatu Kita Maju. Kita Tingkatkan Prestasi sesuai Potensi. Untuk menggali potensi yang dimiliki para siswa, SMPN 2 Turen menggelar beberapa lomba diantaranya menulis essay, cipta-baca puisi, cipta cerpen, berpidato, paduan suara, dan pemilihan duta literasi.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan lancar. Banyak ide siswa yang tertuang dalam karya essay, puisi, cerpen, maupun pidato yang mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan pada 10 November lalu. Mengutip karya puisi yang dihasilkan Inayatun Naimah kelas 7C, “Generasi muda saat ini telah merasakan nikmat hasil perjuangan para pemuda di masa lalu. Dengan potensi dan prestasi yang dimiliki saat ini, generasi milenial harus mampu mengangkat derajat negeri setinggi awan”.

Kepala SMPN 2 Turen mengaku lomba yang diadakan bertujuan melatih budaya literasi produktif, belajar mengoptimalkan potensi, mengenal kendala, dan berjibaku untuk bisa membangun negeri.

Ayu Wulandari 9F merasa sangat senang dan bangga mendapatkan juara 1 menulis essay karena  menulis memang hobinya dan  ia suka belajar mengembangkan kata demi kata, menambah wawasan, dan melatih skill secara rutin. “Yang terpenting adalah percaya pada diri sendiri, jika takut harus dihadapi, berdoa, berusaha, ikhtiar, dan tawakal” imbuhnya.

“Sebagai duta literasi, saya akan menggerakkan minat generasi muda agar tidak malas membaca salah satunya dengan mengajak teman-teman giar membaca buku bacaan di perpustakaan” ungkap Ameltalica siswa 7B yang terpilih sebagai duta literasi.  Semoga generasi muda mampu membawa nama baik negeri menuju Indonesia yang lebih maju!

Lomba paduan suara

Juara Duta Literasi

Pemilihan Duta Literasi

Lomba Menulis Essay

Lomba Berpidato